Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer
Read more: http://yuliabloggerindonesia.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-judul-berjalan-bergantian.html#ixzz2a2ga6oDr
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info
ardan 46. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Arsip Blog

Kamis, 10 Januari 2013

Bro sekalian, gambar detail fisik udah, dan setelah mengupas resep performa Jupiter Z1 dari tampilan slide komputer, tmcblog tambah penasaran . . . kayak apa sih sebenarnya hollow pin di YZ Crank technology? Kayak apa sih entuk dome nya . . . paket FI apa yang digunakan oleh yamaha, apa bener gigi transmisinya (terutama di gear 3 dan 4 ) dibuat lebih lebih kuat sehingga durable menahan rpm yang tinggi? ..  . okeeeh mari kita bahas satu persatu ya bro



Saat pertama tmcblog melihat bongkahan mesin Jupiter Z1 yang baru saja selesai di gunakan buat test internal YIMM . . . itu  blok mesin bagian bawah dan atas langsung di bongkar . . . disinilah baru tahu tmcblog bahwa Yamaha tidak menggunakan gasket lembaran . . . melainkan liquid gasket pada bgaian tengah blok mesin bawahnya . ..

setelah bongkar bagian mesin bawah baru deh ketahun bahwa memang gigi gigi pada roda gigi transmisi 3 dan 4 dibuat cukup besar dimaksudkan agar motor ini bisa durable menahan getaran di RPM yang sedikit lebih tinggi yang biasanya berada pada gigi gigi transmisi terakhir (3 atau 4 )

YZ Crank Technology
Kayak apa sih YZ Crank Technology . . . apa benar penampaka teknologi yangberasal dari YZ450F dan satufilosifi dengan teknologi M1 ini segitu sophisticate nya ? . . . nggak terlalu juga sih bro . . . cuma pin crank tempat untuk poros pengayun setang piston dibuat sedikit hollow (berongga) . . . simpel kan? tujuannya apa? sudah pasti jika berongga maka bobotnya lebih ringan sehingga kerja menonjoknya bisa lebih kuat/ efesien . . . ini lah yang membuat tarikan bengis Z1 di rpm rpm awal, cmiiw . . . pin lebih ringan tentu dibutuhkan perhitungan khusus agar tidak terjadi getaran . ..  maka shape bagian ini dibentuk ulang sesuai dengan hitungan fisika mekaniknya . . . kalau dilihat detail memang ada perbedaan baik di tebal dan balancer bila dibandingkan dengan crank Jupiter Z karbu

Dari Blok bawah, kita naik ke blok silinder. Point view nya langsung ke piston tempanya yang memang benar lebih kecil. Menurut Pak Abidin ..  . fokus utama dari forged piston adalah bagian dome dari piston  . . . ini lah yang harus diperkuat dengan teknologi tempa . . . sebab bagian ini yang menerima tekanan terbesar saat ledakan pembakaran mesin. Piston lebih kecil, kerja lebih ringan, lebih efesien pastinya.

Terlihat memang Klep Z1 dan Klep Jupiter Z  beda banget . . . secara umum Jupiter Z1 lebih lebar . . . kenyataan ini membuat Dome silinder atas berbeda dimensinya . . . Jupiter Z karbu lebih cekung, sedangkan Jupiter Z1 tidak terlalu cekung . . . menurut pak abidin resep ini lah yang membuat Z1 bernafas lebih panjang dibandingkan Jupiter Z karbu.

dari daerah chamber pembakaran kita naik ke atas lagi yakni head silinder . . . di dalah head silinder . . . Klep Z1 digerakkan melalui sistem roller rocker arm . . . sedangkan Jupiter Z karbu menuruut pak abidin belom pake Roller rocker arm.

head silinder Jupiter Z1 sama sekali beda dengan Jupiter Z karbu . . . Z1 menggunakan head yang lebar untuk memperoleh pendinginan yang lebih baik. Z1 menggunakan tutup head silinder yang bisa dibongkar , ini mirip head silinder motor motor pabrikan lain. . . .. . . Jupiter Z karbu nggak . . . langsung paten dicetak (casting)

 
Karena ada ruang gap antara bagian tengah dan pinggir pada head silider . . . penyakitnya adalah getaran . . . getaran ini menyebabkan gasket penutup head silinder bisa hancur dan menyebabkan head silinder pada meler . . . nah yamaha punya resep jitu di area ini . . .mereka menempatkan satu baut yang mengghubungkan bagian luar dan dalam sehingga akan dapat meminimalisasi getaran yang bisa merusak gasket . . . wew . . . detail amat sampe mikirin beginian

Lalu kita beralih ke sistem FI . . . Yamaha menggelar seluruh part Injeksi yang digunakan di Jupiter Z1 ini . . . nggak biasa biasanya yamaha yang menggunakan produk Mikuni ..  . kali ini mereka sama dengan Honda yakni menggunakan sistem FI dari Keihin ( bearti terawangan tmcblog meleset euuy :) ) pantesan koq fuel pump nya guedeee . . . kan fuel pump mio J kecil punya tuuu . . . lalu ada lagi detail sensor temperatur oli, sensor O2 yang ditempatkan di mulut dekat ujung mula muffler, lalu juga injectornya, trotel bodynya . . . yaaaah jadi sebenarnya boleh dibilang sistem FI nya nggak jauh beda dengan PGM Fi he he he . . . tapi ukan berarti Yamaha pake PGM FI . . . karena Keihin kan bukannya Honda . . . so kapan kapan Honda pun bisa pake mikuni dan menggunakan sistem secondary air passagenya Mikuni he he he he boleh nggak yaaa ?  . . . sooooo, udah jelas ya sekarang kayak apa bentuk real dari resep resep yamaha di Jupiter Z1 . . . so silahkan simak gallery fotonya dan share komentar mas bro semua . . . semoga Berguna
Taufik of BuitenZorg


No Responses to " "

Poskan Komentar

ardan memang oke xfuera