Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer
Read more: http://yuliabloggerindonesia.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-judul-berjalan-bergantian.html#ixzz2a2ga6oDr
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info
ardan 46. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Home » Alternatif meningkatkan tenaga mesin...

Alternatif meningkatkan tenaga mesin...

Jumat, 08 Maret 2013


Pada dasarnya motor keluaran pabrik telah di design sesempurna mungkin, demi kenyamanan dan keamanan dalam penggunaan, namun sebagai konsumen, kita sering kurang merasa puas dengan design dan performa dari motor pabrikan, terlebih pada masalah performa tenaga mesin. Untuk itu dilakukan lah peningkatan performa tenaga mesin secara mandiri.  Ada dua cara meningkatkan tenaga mesin, cara paling mudah adalah dengan cara memperbesar kapasitas silinder. Ada dua cara pilihan, yaitu bore up atau stroke up.




Piston Bore Up


Bore up adalah salah satu cara peningkatan performa tenaga mesin yaitu dengan cara menggunakan piston yang mempunyai diameter lebih besar dari sebelumnya, sehingga lubang atau bore di silinder diperbesar, agar piston bisa masuk. Dinamakan bore up karena membesarkan, lawan dari bore up adalah bore down, yaitu mengecilkan bore, hal ini biasanya dilakukan pada motor yang ingin distandarkan kembali.
Kemudian stroke up, berbeda dengan bore up yang membesarkan bore, stroke up adalah memperbesar langkah piston dengan cara memindahkan posisi kruk as ke posisi luar.
Itu tadi adalah sedikit tips meningkatkan tenaga mesin. Sebenarnya peningkatan tenaga mesin adalh hal pilihan, tergantung dengan peenggunaan motor tersebut, ataukah itu untuk balap atau untuk harian. Namun kalau ditilik dari cara pengerjaan, bore up lah yang paling mudah karena angkanya dibuat kuadrat. Jadinya menghasilkan volume silinder yang lebih besar. Itu dihitung menggunakan rumus volume silinder.

Namun kita tidak bisa mendongkrak volume dengan menggunakan diameter yang sebesar-besarnya. Karena akan mengakibatkan ketidakseimbangan. torsi rpm bawah bisa dikail, harus diimbangi stroke up.

No Responses to "Alternatif meningkatkan tenaga mesin..."

Poskan Komentar

ardan memang oke xfuera