selamat malem sobat mwb
Sejatinya Suzuki Satria F-150 dibekali kapasitas
mesin besar.
Tapi,sebagian anak bengkel merasa akselerasi dan top speed
masih bisa ditingkatin. Tanpa bore up atau stroke
up.
Cukup kohar atau korek harian tapi power naik
namun tetap irit bensin dan pastinya bisa kita kerjain sendiri,tanpa harus di bengkel.
Berikut triknya sob:
Knalpot Dibobok
Bagusnya memang menggunakan knalpot racing.
Namun banyak yang ogah karena suaranya berisik.
Apalagi dipakai keluar kota dalam jangka waktu
yang lama. Banyak yang merasa tidak nyaman.
Opsinya tetap menggunakan knalpot standar. Tapi,
dibuat agar tidak mengurangi performanya.
Porting Polish
Langkah awal yaitu menerapkan korengan ringan.
Bahkan familiar yang sering dilakukan bengkel
jalanan. Yaitu dengan menghaluskan alur kulit jeruk
di lubang isap dan buang. Jangan, terlalu banyak
mengikisnya. Pakai ampelas juga bisa sob.
Durasi Kem
Supaya power mesin lebih mantap,
sobat bisa atur buka-tutup klep dengan
meggunakan busur dan dial gauge. Durasi total kem
dibikin 240 dan 241 derajat.
Klep isap dibuat membuka 20 derajat sebelum TMA
(Titik Mati Atas) dan menutup 40 derajat setelah
TMB (Titik Mati Bawah). Sedangkan klep buang
membuka 41 derajat sebelum TMB dan menutup 20
derajat setelah TMA.
Rasio Kompresi Naik
Banyak yang kurang puas dengan akselerasi
standar. Cara paling mudah yaitu dengan
menaikkan rasio kompresi. Tidak puas dengan
melepas beberapa lembar paking, malah papas blok silinder bagian atasnya. Sekitar 0,5
mm
Namun berisiko kalau tidak diimbangi dengan
pemakaian bensin oktan tinggi. Misalnya di daerah
yang jarang dijumpai Pertamax atau Pertamax Plus,
berakibat bahaya.
Misalnya di trek panjang. Diisi
bensin Premium trus gas dipanteng terus. Mesin
berkitir tinggi cukup lama tapi bensinnya oktan
rendah, berdasarkan pengalaman dari orang mudik,
banyak yang bolong sehernnya,Kecuali jika
treknya pendek-pendek, jangan panteng gas. Masih
aman,
Celah Klep
Tidak hanya harus main dial kem. Celah klep juga
harus dibuat optimum. Di Suzuki Satria F-150 tidak
bisa disetel dengan cara manual. Celah klep diatur
oleh tebalnya sim. Bukan SIM singkatan dari Surat
Izin Mengemudi, sim atau pengganjal ini seperti pil.
Sim dipasang di retainer atau ring pemegang per
dengan klepnya. Supaya klep lebih sempit harus
menggunakan sim yang tebal. Ketebalan sim ini ada
beberapa pilihan. Tergantung setelan klep yang
dimau.
Menggunakan filler gauge, kerenggangan klep
paling pas memakai komposisi 0,2 mm untuk katup
isap dan 0,15 untuk klep buangnya. Untuk mencapai
ukuran yang pas seperti ini harus dilakukan
beberapa kali pemilihan sim. (mezhum.heck.in)
nah itu tadi sedikit trik kohar satria fu dari ogut sob
semoga bermanfaat
No Responses to "trik kohar satria fu ( bisa dilakukan di rumah )"