Pertama kita tebus adalah Piston tiger
Oversize Nol dengan Diameter 63.5. Bagaimana ruang bakarnya ya…
Emmpphh.. Hitung-menghitung akhirnya kita putuskan diameter intake kita
porting selebar 22mm karena disini kita akan main di RPM 10.000,
dapetlah hitungan Klep Intake 25mm. Comot dari pabrikan tetangga
berlabel “S” maka sekalian dibenamkan klep Ex-nya ke cylinder head.
Akhirnya pesanan liner honda Tiger sudah datang, maka kita kirim blok ke tukang bubut untuk di overbore…
PISTON TIGER 63.5mm
Satu
hal yang sedang kita riset pada motor ini adalah High Velocity
Porting… Hmm… Seperti apa? Ini adalah teknik meningkatkan aliran udara
pada ruang pemasukan bahan bakar, agar saat Putaran Mesin menjadi super
cepat dan waktu buka-tutup klep semakin singkat, campuran udara-bahan
bakar dapat menerobos masuk ke dalam silinder.
Pengerjaanx
adalah dengan menambal lubang porting dengan epoxy, menggesernya
sekitar 1mm untuk mendapat aliran udara yang lebih tinggi serta
ditengah jalur pemasukan kita buatkan rongga untuk waiting zone…
Idealnya power akan tersimpan di putaran bawah-menengah kemudian
dihempaskan habis di Putaran Atas.
Knalpot
kita memakai AHAU motor yang emang udah terkenal jagonya bikin knalpot
performa tinggi, tapi nggak menutup kemungkinan jika emang brother
sekalian mau pesen knalpot custom made in R.A.T kita bisa hitungin dan
buatkan special order dengan harga lebih miring tentunya. Hanya saja
memang kita tidak bisa memproduksi tampilan yang bagus dan meyakinkan,
label yang keren ataupun bahan pipa stainless karena custom knalpot
kita emang lebih kepada performa bukan penampilan… Yah namanya juga
lagi belajar bikin knalpot custom hehehe…
No Responses to "korek mesin balap jupiter z"