Halo Sobat ! | Members area : Register | Sign in
About me | SiteMap | Arsip | Terms of Use | Dcma Disclaimer
Read more: http://yuliabloggerindonesia.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-judul-berjalan-bergantian.html#ixzz2a2ga6oDr
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info
ardan 46. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman

Translate

Arsip Blog

cara seting karburator pe 28......

Selasa, 29 Januari 2013


Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?

Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.

Misal:

1. Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
2. Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
3. Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
4. Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
5. Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.

Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:

Karbu pny 2 spuyer :

1. Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
2. Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.

Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

1. Ukuran Venturi karbu
2. Jarum skep
3. Stelan angin
4. Power jet.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?

Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus

Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :

1. Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
2. Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
3. Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
4. Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
5. Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start

(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:

1. Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
2. Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
3. Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
4. Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
5. dll

Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note:

1. Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
2. Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
3. Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

setting ulang shogun 125 sp....

Setting Ulang Suzuki Shogun 125 SP Hasilkan 120 km/jam

 

MotoBike - Mengusung label SP (Special Production), bukan berarti spesial dalam segala hal, termasuk performa. Walaupun sudah menganut kopling manual dan beberapa fitur menarik pada tampilan, banyak pembesutnya yang masih tidak puas dengan akselerasi bebek lansiran Suzuki berkapasitas 125 cc ini. 
 
Dari pabrikan, motor ini dirancang menganut perbandingan kompresi statis 9.1 : 1. Setelan klep in maupun out-nya 0,05 mm.”Plus settingan  udara di karburator antara 1 ¼ sampai 1 1/5 putaran keluar, biasanya top speed cuma tembus 110 km/jam,” ungkap Ida Bagus Teja Kencana, Service Manager Cahaya Surya Bali Indah di Jl. By pass Ngurah Rai 110C, Kuta, Bali yang merupakan main dealer Suzuki untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara. 
 
Bisa gak ya dimaksimalin lagi? 
 
DIRENGGANGKAN
 
Kali ini Kadek Ramayadi dari bengkel D30 yang berlokasi di Br. Pengosekan, Ubud, Gianyar yang mencoba menjawabnya. Kebetulan ada Shogun SP lansiran 2006 milik salah satu motor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotobike,mengusung,label,sp,special,production,bukan,berarti,spesial,dalam,segala,hal,termasuk,performa,walaupun,sudah,menganut,kopling,manual,beber,fr,menarik,pada,tampilan,bak,pembesut,masih,puas,akselerasi,bebek,lansiran,suzuki,berksitas,125,cc,pabrikan,motor,dirancang,menganut,perbandingan,kompresi,statis,91,1,setelan,klep,in,out,005,mmplus,settingan,udara,di,karburator,antara,1,frac14,1,15,putaran,keluar,biasa,top,speed,tembus,110,kmjam,ungkap,ida,bagus,teja,kencana,service,manager,cahaya,surya,bali,indah,di,jl,by,pass,ngurah,rai,110c,kuta,bali,merup,main,dealer,suzuki,untuk,wilayah,bali,nusa,tenggara,gak,ya,dimaksimalin,lagi,direnggangkan,kadek,ramayadi,bengkel,d30,berlokasi,di,br,pengosekan,ubud,giar,mencoba,menjawab,kebetulan,ada,shogun,sp,lansiran,2006,milik,salah,satu,konsumen,boleh,diobokobok,catatan,semua,part,digun,harus,standar,tingting,jangan,kayak,ayu,tingting,susah,ri,alamat,hehehe,mulamula,dilakukan,mengukur,durasi,kem,angkatan,klep,gbr1,hasil,pengukuran,didtkan,durasi,kem,in,dalam,keadaan,klep,terangkat,1,mm,membuka,2deg,sebelum,titik,mati,atas,tma,menutup,42deg,setelah,titik,mati,bawah,tmbarti,durasi,terhng,224deg,lift,kem,515,mm,gbr2,jelas,ayah,satu,putri,segkan,klep,out,mempui,format,pembukaan,40degsebelum,tmb,menutup,4deg,setelah,tma,durasi,sama,kem,in,ya,224deg,gejala,diras,kala,berakselerasi,setelan,pabrik,power,pada,tiap,perpindahan,gigi,agak,sedikit,drop,untuk,menci,top,speed,rasa,lama,maka,setting,ulang,pun,dilakukan,setelan,klep,diubah,pertama,dicoba,clearance,009,mm,untuk,klep,in,out,sementara,kombinasi,pilot,main,jet,masih,125,92,gbr3,setelan,udara,1,15,putaran,keluar,motor,pun,kemudian,dites,berakselerasi,hasil,power,motor,diras,lebih,bagus,sebelum,akselerasi,lumayan,cepat,top,speed,menci,115,kmjam,namun,ada,dirasa,masih,kurang,yakni,tiap,perpindahan,gigi,nafas,motor,terasa,lebih,pendekpendek,walupun,akserasi,agresif,hal,tersebut,disebabkan,setelan,udara,ter,kering,maka,kadek,san,akrab,pria,berba,bongsor,pun,kemudian,mengubah,sedikit,setelan,udara,semula,1,15,menjadi,ha,1,putaran,membuka,gbr4,setelan,udara,agak,dtup,untuk,mendtkan,campuran,bahan,bakar,lebih,bak,sergah,penggemar,offroad,selanjut,motor,kembali,dites,lari,hasil,kecepataan,dibukukan,menci,120,kmjam,mau,buktikan,sendiri,konsumennya yang boleh ‘diobok-obok’. Dengan catatan semua part yang digunakan harus standar ting-ting. Jangan kayak Ayu Ting-Ting yang susah nyari alamat, hehehe.. 
 
Mula-mula yang dilakukan adalah "mengukur durasi kem dan angkatan klep (gbr.1). Dari hasil pengukuran, didapatkan durasi kem in dalam keadaan klep terangkat 1 mm adalah membuka 2° sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan menutup 42° setelah Titik Mati Bawah (TMB). Artinya durasi terhitung 224° dengan lift kem 5,15 mm (gbr.2),” jelas ayah satu putri ini. 
 
motor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotobike,mengusung,label,sp,special,production,bukan,berarti,spesial,dalam,segala,hal,termasuk,performa,walaupun,sudah,menganut,kopling,manual,beber,fr,menarik,pada,tampilan,bak,pembesut,masih,puas,akselerasi,bebek,lansiran,suzuki,berksitas,125,cc,pabrikan,motor,dirancang,menganut,perbandingan,kompresi,statis,91,1,setelan,klep,in,out,005,mmplus,settingan,udara,di,karburator,antara,1,frac14,1,15,putaran,keluar,biasa,top,speed,tembus,110,kmjam,ungkap,ida,bagus,teja,kencana,service,manager,cahaya,surya,bali,indah,di,jl,by,pass,ngurah,rai,110c,kuta,bali,merup,main,dealer,suzuki,untuk,wilayah,bali,nusa,tenggara,gak,ya,dimaksimalin,lagi,direnggangkan,kadek,ramayadi,bengkel,d30,berlokasi,di,br,pengosekan,ubud,giar,mencoba,menjawab,kebetulan,ada,shogun,sp,lansiran,2006,milik,salah,satu,konsumen,boleh,diobokobok,catatan,semua,part,digun,harus,standar,tingting,jangan,kayak,ayu,tingting,susah,ri,alamat,hehehe,mulamula,dilakukan,mengukur,durasi,kem,angkatan,klep,gbr1,hasil,pengukuran,didtkan,durasi,kem,in,dalam,keadaan,klep,terangkat,1,mm,membuka,2deg,sebelum,titik,mati,atas,tma,menutup,42deg,setelah,titik,mati,bawah,tmbarti,durasi,terhng,224deg,lift,kem,515,mm,gbr2,jelas,ayah,satu,putri,segkan,klep,out,mempui,format,pembukaan,40degsebelum,tmb,menutup,4deg,setelah,tma,durasi,sama,kem,in,ya,224deg,gejala,diras,kala,berakselerasi,setelan,pabrik,power,pada,tiap,perpindahan,gigi,agak,sedikit,drop,untuk,menci,top,speed,rasa,lama,maka,setting,ulang,pun,dilakukan,setelan,klep,diubah,pertama,dicoba,clearance,009,mm,untuk,klep,in,out,sementara,kombinasi,pilot,main,jet,masih,125,92,gbr3,setelan,udara,1,15,putaran,keluar,motor,pun,kemudian,dites,berakselerasi,hasil,power,motor,diras,lebih,bagus,sebelum,akselerasi,lumayan,cepat,top,speed,menci,115,kmjam,namun,ada,dirasa,masih,kurang,yakni,tiap,perpindahan,gigi,nafas,motor,terasa,lebih,pendekpendek,walupun,akserasi,agresif,hal,tersebut,disebabkan,setelan,udara,ter,kering,maka,kadek,san,akrab,pria,berba,bongsor,pun,kemudian,mengubah,sedikit,setelan,udara,semula,1,15,menjadi,ha,1,putaran,membuka,gbr4,setelan,udara,agak,dtup,untuk,mendtkan,campuran,bahan,bakar,lebih,bak,sergah,penggemar,offroad,selanjut,motor,kembali,dites,lari,hasil,kecepataan,dibukukan,menci,120,kmjam,mau,buktikan,sendiri,Sedangkan klep out mempunyai format pembukaan 40°sebelum TMB dan menutup 4° setelah TMA. Durasinya sama dengan kem in, yaitu 224°. Gejala yang dirasakan kala berakselerasi dengan setelan pabrik itu, power pada tiap perpindahan gigi agak sedikit drop. Untuk mencapai top speed juga rasanya cukup lama. 
 
Maka, setting ulang pun dilakukan. Setelan klep diubah. Pertama dicoba clearance 0,09 mm untuk klep in dan out. Sementara kombinasi pilot dan main jet masih 12,5 dan 92 (gbr.3) dengan setelan udara 1 1/5 putaran keluar. 
 
Motor pun kemudian dites berakselerasi. Hasilnya, power motor dirasakan lebih bagus dari sebelumnya, akselerasi lumayan cepat dan top speed motor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotobike,mengusung,label,sp,special,production,bukan,berarti,spesial,dalam,segala,hal,termasuk,performa,walaupun,sudah,menganut,kopling,manual,beber,fr,menarik,pada,tampilan,bak,pembesut,masih,puas,akselerasi,bebek,lansiran,suzuki,berksitas,125,cc,pabrikan,motor,dirancang,menganut,perbandingan,kompresi,statis,91,1,setelan,klep,in,out,005,mmplus,settingan,udara,di,karburator,antara,1,frac14,1,15,putaran,keluar,biasa,top,speed,tembus,110,kmjam,ungkap,ida,bagus,teja,kencana,service,manager,cahaya,surya,bali,indah,di,jl,by,pass,ngurah,rai,110c,kuta,bali,merup,main,dealer,suzuki,untuk,wilayah,bali,nusa,tenggara,gak,ya,dimaksimalin,lagi,direnggangkan,kadek,ramayadi,bengkel,d30,berlokasi,di,br,pengosekan,ubud,giar,mencoba,menjawab,kebetulan,ada,shogun,sp,lansiran,2006,milik,salah,satu,konsumen,boleh,diobokobok,catatan,semua,part,digun,harus,standar,tingting,jangan,kayak,ayu,tingting,susah,ri,alamat,hehehe,mulamula,dilakukan,mengukur,durasi,kem,angkatan,klep,gbr1,hasil,pengukuran,didtkan,durasi,kem,in,dalam,keadaan,klep,terangkat,1,mm,membuka,2deg,sebelum,titik,mati,atas,tma,menutup,42deg,setelah,titik,mati,bawah,tmbarti,durasi,terhng,224deg,lift,kem,515,mm,gbr2,jelas,ayah,satu,putri,segkan,klep,out,mempui,format,pembukaan,40degsebelum,tmb,menutup,4deg,setelah,tma,durasi,sama,kem,in,ya,224deg,gejala,diras,kala,berakselerasi,setelan,pabrik,power,pada,tiap,perpindahan,gigi,agak,sedikit,drop,untuk,menci,top,speed,rasa,lama,maka,setting,ulang,pun,dilakukan,setelan,klep,diubah,pertama,dicoba,clearance,009,mm,untuk,klep,in,out,sementara,kombinasi,pilot,main,jet,masih,125,92,gbr3,setelan,udara,1,15,putaran,keluar,motor,pun,kemudian,dites,berakselerasi,hasil,power,motor,diras,lebih,bagus,sebelum,akselerasi,lumayan,cepat,top,speed,menci,115,kmjam,namun,ada,dirasa,masih,kurang,yakni,tiap,perpindahan,gigi,nafas,motor,terasa,lebih,pendekpendek,walupun,akserasi,agresif,hal,tersebut,disebabkan,setelan,udara,ter,kering,maka,kadek,san,akrab,pria,berba,bongsor,pun,kemudian,mengubah,sedikit,setelan,udara,semula,1,15,menjadi,ha,1,putaran,membuka,gbr4,setelan,udara,agak,dtup,untuk,mendtkan,campuran,bahan,bakar,lebih,bak,sergah,penggemar,offroad,selanjut,motor,kembali,dites,lari,hasil,kecepataan,dibukukan,menci,120,kmjam,mau,buktikan,sendiri,bisa mencapai 115 km/jam. Namun ada yang dirasa masih kurang, yakni tiap perpindahan gigi nafas motor terasa lebih pendek-pendek walupun akserasinya agresif. 
 
Hal tersebut bisa disebabkan karena setelan udara terlalu kering. Maka Kadek, sapaan akrab pria berbadan bongsor ini pun kemudian mengubah sedikit setelan udara dari semula 1 1/5 menjadi hanya 1 putaran membuka (gbr.4).

CARA NAIKIN RASIO KOMPRESI NINJA.

Naikin Rasio Kompresi Kawasaki New Ninja 250 FI, Makin Tinggi Makin Melejit

motor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motornaikin,rasio,kompresi,seperti,kita,ketahui,rasio,kompresi,kawasaki,ninja,250,fi,lebih,rendah,ninja,250r,atau,versi,karburator,tepat,ninja,injeksi,ha,1131,karbu,1161,pasti,hal,tersebut,berhubungan,performa,menurut,tomi,bramudia,bengkel,ngayun,speed,salah,satu,efek,terasa,tarikan,bawah,kalah,galak,torsi,ninja,injeksi,memang,lebih,rendah,seg,tenaga,maksimal,sedikit,lebih,baik,per,lantaran,bobot,keseluruhan,lebih,berat,maka,tomi,pu,jurus,ampuh,naikin,performa,menaikkan,rasio,kompresi,segus,porting,polish,pakai,je,piston,lanjut,pebengkel,beralamat,di,jl,arteri,kel,dua,no,88,kebon,jeruk,jakbar,piston,je,kiri,lebih,jenong,kompresi,naik,jadi,1251,piston,asal,amerika,pu,dome,lebih,tinggi,dibanding,standar,maka,rasio,kompresi,lebih,tinggi,naik,jadi,1251,lanjut,tomi,efek,tentu,s,led,di,ruang,bakar,makin,dahsyat,pemampatan,lebih,kuat,konsekuensi,wajib,minum,bahan,bakar,oktan,tinggi,agar,enggak,ngelitik,mmal,pertamax,lebih,baik,sekelas,pertamax,plus,wajib,pasang,piggyback,untuk,atur,ulang,suplai,bensin,pengapian,lanjut,pria,seg,hobi,turing,keluar,kota,pemasangan,piston,jenis,forged,terng,plug,n,play,didesain,untuk,ninja,langsung,masuk,ke,dalam,liner,silinder,standar,piggyback,power,commander,v,atau,ez,ecu,tergantung,selera,isi,kantong,harga,sekitar,rp,3846,juta,kepala,silinder,sean,diporting,polish,piggyback,wajib,ditambahkan,untuk,atur,ulang,suplai,bensin,mesin,dibongkar,maka,sean,cylinder,head,diporting,polish,untuk,memperlancar,aliran,campuran,bensin,udara,serta,sisa,gas,buang,tambah,rohim,mekanik,kepercayaan,tomi,pengerjaan,lah,lama,ha,berkisar,23,hari,lanjut,tomi,saat,dihubungi,seg,turing,ke,lombok,ntb,tomi,menambahkan,ongkos,ganti,piston,porting,polish,mesti,menyiapkan,a,rp,55,juta,mau,ngayun,speed,0818737101,
Naikin Rasio Kompresi - Seperti kita ketahui rasio kompresi Kawasaki Ninja 250 Fi lebih rendah dari Ninja 250R atau versi karburator, tepatnya Ninja injeksi hanya 11,3:1 dan yang karbu 11,6:1. Pasti hal tersebut berhubungan dengan performa.

Menurut Tomi Bramudia dari bengkel Ngayun Speed, salah satu efek yang terasa tarikan bawah kalah galak. Karena torsi Ninja injeksi memang lebih rendah, sedang tenaga maksimal sedikit lebih baik, tapi percuma lantaran bobot keseluruhan lebih berat.

Makanya Tomi punya jurus ampuh naikin performa, dengan menaikkan rasio kompresi sekaligus porting & polish. “Pakai JE Piston,” lanjut pebengkel yang beralamat di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 88, Kebon Jeruk, Jakbar ini.
motor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motornaikin,rasio,kompresi,seperti,kita,ketahui,rasio,kompresi,kawasaki,ninja,250,fi,lebih,rendah,ninja,250r,atau,versi,karburator,tepat,ninja,injeksi,ha,1131,karbu,1161,pasti,hal,tersebut,berhubungan,performa,menurut,tomi,bramudia,bengkel,ngayun,speed,salah,satu,efek,terasa,tarikan,bawah,kalah,galak,torsi,ninja,injeksi,memang,lebih,rendah,seg,tenaga,maksimal,sedikit,lebih,baik,per,lantaran,bobot,keseluruhan,lebih,berat,maka,tomi,pu,jurus,ampuh,naikin,performa,menaikkan,rasio,kompresi,segus,porting,polish,pakai,je,piston,lanjut,pebengkel,beralamat,di,jl,arteri,kel,dua,no,88,kebon,jeruk,jakbar,piston,je,kiri,lebih,jenong,kompresi,naik,jadi,1251,piston,asal,amerika,pu,dome,lebih,tinggi,dibanding,standar,maka,rasio,kompresi,lebih,tinggi,naik,jadi,1251,lanjut,tomi,efek,tentu,s,led,di,ruang,bakar,makin,dahsyat,pemampatan,lebih,kuat,konsekuensi,wajib,minum,bahan,bakar,oktan,tinggi,agar,enggak,ngelitik,mmal,pertamax,lebih,baik,sekelas,pertamax,plus,wajib,pasang,piggyback,untuk,atur,ulang,suplai,bensin,pengapian,lanjut,pria,seg,hobi,turing,keluar,kota,pemasangan,piston,jenis,forged,terng,plug,n,play,didesain,untuk,ninja,langsung,masuk,ke,dalam,liner,silinder,standar,piggyback,power,commander,v,atau,ez,ecu,tergantung,selera,isi,kantong,harga,sekitar,rp,3846,juta,kepala,silinder,sean,diporting,polish,piggyback,wajib,ditambahkan,untuk,atur,ulang,suplai,bensin,mesin,dibongkar,maka,sean,cylinder,head,diporting,polish,untuk,memperlancar,aliran,campuran,bensin,udara,serta,sisa,gas,buang,tambah,rohim,mekanik,kepercayaan,tomi,pengerjaan,lah,lama,ha,berkisar,23,hari,lanjut,tomi,saat,dihubungi,seg,turing,ke,lombok,ntb,tomi,menambahkan,ongkos,ganti,piston,porting,polish,mesti,menyiapkan,a,rp,55,juta,mau,ngayun,speed,0818737101,
Piston JE (kiri) lebih jenong, kompresi naik jadi 12,5:1
Piston asal Amerika ini punya dome lebih tinggi dibanding standar, makanya rasio kompresi lebih tinggi. “Naik jadi 12,5:1,” lanjut Tomi. Efeknya tentu saja ledakan di ruang bakar makin dahsyat, karena pemampatan lebih kuat.

Tapi konsekuensinya wajib minum bahan bakar dengan oktan tinggi agar enggak ngelitik, minimal Pertamax dan lebih baik sekelas Pertamax Plus. “Juga wajib pasang piggyback untuk atur ulang suplai bensin dan pengapian,” lanjut pria yang sedang hobi turing keluar kota ini.

Pemasangan piston jenis forged ini terbilang plug n play, karena didesain untuk Ninja. Langsung masuk ke dalam liner silinder standar. Piggyback-nya bisa Power Commander V atau EZ ECU, tergantung selera dan isi kantong, harga sekitar Rp 3,8-4,6 juta.
motor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motormotor sport, dealer motor, motor honda, motor motor yamaha, motor yamaha, motor bmw, motor suzuki, harga harga motor, harga motor, motor classic, motor cross, motor jual, jual motor, modifikasi motor, motor modifikasi, motor 2011, motor mini, modif motor, motor modif, video motor, sepeda motor, motor se, motor triumph, motor kawasaki, motor second, foto motor, astra motor, harga jual motor, motor indonesia, drag motor, motor motor drag, motor drag, forum motor, motor bekas, gambar motor, motor plus, motor atv, motor custom, box motor, sun motor,  motor king, motor kredit, motor kredit, kredit motornaikin,rasio,kompresi,seperti,kita,ketahui,rasio,kompresi,kawasaki,ninja,250,fi,lebih,rendah,ninja,250r,atau,versi,karburator,tepat,ninja,injeksi,ha,1131,karbu,1161,pasti,hal,tersebut,berhubungan,performa,menurut,tomi,bramudia,bengkel,ngayun,speed,salah,satu,efek,terasa,tarikan,bawah,kalah,galak,torsi,ninja,injeksi,memang,lebih,rendah,seg,tenaga,maksimal,sedikit,lebih,baik,per,lantaran,bobot,keseluruhan,lebih,berat,maka,tomi,pu,jurus,ampuh,naikin,performa,menaikkan,rasio,kompresi,segus,porting,polish,pakai,je,piston,lanjut,pebengkel,beralamat,di,jl,arteri,kel,dua,no,88,kebon,jeruk,jakbar,piston,je,kiri,lebih,jenong,kompresi,naik,jadi,1251,piston,asal,amerika,pu,dome,lebih,tinggi,dibanding,standar,maka,rasio,kompresi,lebih,tinggi,naik,jadi,1251,lanjut,tomi,efek,tentu,s,led,di,ruang,bakar,makin,dahsyat,pemampatan,lebih,kuat,konsekuensi,wajib,minum,bahan,bakar,oktan,tinggi,agar,enggak,ngelitik,mmal,pertamax,lebih,baik,sekelas,pertamax,plus,wajib,pasang,piggyback,untuk,atur,ulang,suplai,bensin,pengapian,lanjut,pria,seg,hobi,turing,keluar,kota,pemasangan,piston,jenis,forged,terng,plug,n,play,didesain,untuk,ninja,langsung,masuk,ke,dalam,liner,silinder,standar,piggyback,power,commander,v,atau,ez,ecu,tergantung,selera,isi,kantong,harga,sekitar,rp,3846,juta,kepala,silinder,sean,diporting,polish,piggyback,wajib,ditambahkan,untuk,atur,ulang,suplai,bensin,mesin,dibongkar,maka,sean,cylinder,head,diporting,polish,untuk,memperlancar,aliran,campuran,bensin,udara,serta,sisa,gas,buang,tambah,rohim,mekanik,kepercayaan,tomi,pengerjaan,lah,lama,ha,berkisar,23,hari,lanjut,tomi,saat,dihubungi,seg,turing,ke,lombok,ntb,tomi,menambahkan,ongkos,ganti,piston,porting,polish,mesti,menyiapkan,a,rp,55,juta,mau,ngayun,speed,0818737101,
Kepala silinder sekalian di-porting & polish - Piggyback wajib ditambahkan untuk atur ulang suplai bensin
Karena mesin dibongkar, maka sekalian cylinder head di-porting & polish, “Untuk memperlancar aliran campuran bensin dan udara, serta sisa gas buang,”

cara menyetel motor agar kencang larinya.......

: Anda Sering jalan pake Motor,Tetapi Sering kalah dalam balapan biasa, wah,, Kayaknya Motor anda Harus di Stel Supaya Bisa Laju Sepeti Flazz,, ^_^ oklah silahkan Ikuti aja Artikel ini :

1. Piston. 
Untuk memodifikasi motor Anda agar menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu (pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.

2. Kepala Silinder. 
Dalam proses modifikasi motor Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
 
3. Lubang Pembilasan. 
Jumlah gas baru campuran bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan ternaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan (pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak. Perluasan lubang bilans tersebut harus tetap pada batas-bataa tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. JIka hal itu tidak dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi rusak.

4. Sistem Kelistrikan.
 Tenaga listrik pada motor kebyakan 6 volt. Tagangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras dan bunga api busi menjadi lebih besar.

5. Rocker Arm. 
Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.

6. Roda Gigi. 
Modif motor dilakukan dengan tujuan agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil, jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang ranta roda harus dikurangi dan disetel.

OK semoga aja Motor kamu bisa Laju sekencang Kilat, tapi awas lho,,, jatuh, jangan Laju laju kalo ngk Terlaluh Penting ya?? :)

pengertian rasio kompresi...

Senin, 28 Januari 2013

APA ITU RASIO KOMPRESI?
Para engineer atau tuner kerap memfokus diri dalam tuning mesin 4 tak menuju langsung pada cylinder head. Salah satunya adalah, ruang bakar, atau bahasa jawanya combustion chamber :)
So… apa kaitan ruang bakar dengan tenaga? Oh pasti ada… besaran ruang bakar ini nantinya akan sangat menentukan dalam tugas menampung emulsi udara-bahan bakar yang sudah dihisap oleh piston kemudian dipadatkan di kubah ini sebelum akhirnya diledakkan busi.
pernah dengar orang berkomentar tenaga mesinnya semakin padat…? Yup, bisa jadi karena memang combustion chamber dapat dimanfaatkan dengan optimal. Kubah ruang bakar tentu memiliki volume sendiri, sedangkan kapasitas mesin merupakan volume pembanding. Seberapa banyak volume kapasitas mesin mampu dipadatkan di ruang bakar hingga seper-sekian bagian inilah yang disebut rasio kompresi.
Contoh sebuah mesin bebek dengan kapasitas mesin 100 cc, sedangkan volume ruang bakar adalah 10 cc dimasukkan dalam rumusan rasio kompresi adalah
(Kapasitas mesin / Volume ruang bakar ) + 1
= (100 / 10 ) + 1
= 10 + 1
= 11 : 1
Yahhh itu mah rumus sederhana aja, kalo mau rumus ribet coba cari di wikipedia, kompresi rasio dihitung pake rumus…
mbox{CR} = frac { tfrac{pi}{4} b^2 s + V_c } {V_c}, dimana
b = diameter piston
s = panjang stroke
Vc = volume ruang bakar + volume paking cylinder head.
Ini adalah rumusan minimum, kalau mau lebih detail sebenarnya volume pembanding tidak hanya ruang bakar, melainkan juga : Cylinder Head Combustion Chamber, Tebal Gasket, Deck Clearance, Ring Kompresi terhadap Piston, Dan Dome Piston. Huahahahaha… Ini nih kepusingan berawal :)
Mau dihitung satu-satu? Capee… deh, coba bayangin kita pakai piston Izumi high dome dengan coakan klep dalem, hitung berapa volume jenong pistonnya…? Mending ngisep rokok sambil ngopi daripada botak mikir itu hehehehe…
Saya bilang teknik menghitung seperti wikipedia yang ribetz ni ga selamanya efektif, bagaimana jika piston memiliki permukaan highdome, ada yang bisa menghitung volumenya, yah… walaupun bisa tapi kok ya menyusahkan diri sendiri seandainya piston seperti foto dibawah ini
Jaahhh… bikin males belajar matematika tu ya gara2 rumus ribet ini. Mending ketika blok dan cylinder head terpasang, posisikan piston pada TMA, lepas lubang busi kemudian suntikkan cairan untuk mengukur volume ruang bakar. Inilah rumus ruang bakar riil dibandingkan yang harus mengukur dan menghitung satu per satu.
Ngomong-ngomong dah pada bisa nge-hitung volume kapasitas mesin kan?
VOLUME MESIN = ( Phi * Bore * Bore * Stroke ) / 4,000
Phi adalah konstanta bernilai 3.1416
Bore adalah diameter lebar piston dalam satuan milimeter
Stroke adalah langkah piston bergerak dari TMA ke TMB dalam satuan milimeter
Volume mesin akan diperoleh dalam satuan centimeter cubic alias CC
Contoh, sebuah mesin dengan diameter piston 53.5mm, serta panjang langkah piston 54mm, akan memiliki Volume Silinder sebesar 121.4 CC
Nah setelah kapasitas mesin didapat, baru ukur volume kubah ruang bakar, finally diukur deh rasio kompresinya.
Mengejar Kompresi tinggiMengejar Rasio Kompresi tinggi
Ingat memang meningkatkan kompresi adalah sebuah cara paling efektif dan mudah untuk meningkatkan keluaran tenaga pada mesin naturally aspirated (non-Turbo). Namun, kita tentu saja tidak bisa langsung meningkatkan kompresi tanpa memikirkan batasan bahwa semakin tinggi nilai kompresi maka bahan bakar yang dibutuhkan mesin juga harus beroktan tinggi.
Jika kamu bisa memperoleh racing fuel, maka mainkan rasio kompresi hingga diatas 15 : 1, bahkan kamu bisa pakai rasio lebih tinggi jika memakai alcohol, ingat Drag NHRA yang mobil dragnya mirip formula, tuh semua pada pemabok heheheh.. kan mimik alkohol. Kumat ngelantur…
Papas noken as, timing dan durasi, airflow, volumetric efisiensi, aliran di porting, dan banyak kombinasi dari berbagai faktor berpengaruh besar terhadap kompresi dan sang maut yang mengancam nyawa mesin – DETONASI -
Detonasi
Dapat dipahami sebuah kondisi yang menyebabkan bahan bakar meledak – bukan terbakar dengan cepat – Parah! Biasa terjadi pada mesin dengan beban tinggi dan kecepatan tinggi, kerusakan detonasi bisa mengalahkan bearing-bearing seperti di kruk as yang jika sudah tidak balance bisa-bisa melintir tuh kruk as.
Kecepatan bahan bakar normal berada pada 23 – 56 meter tiap second. Semakin tinggi nilai oktan, semakin lambat kecepatan rambatnya. Sebuah percikan busi membutuhkan waktu 0.003 detik untuk melakukan sebuah pembakaran sempurna, jadi bisa menghitung kan berapa RPM batasan mesin biar gak Detonasi

cara menetukan rasio gear motor.......

Cara menentukan rasio gear motor

Sob,pernah ga kita memikirkan penerus gerak yang satu ini?salah menghitung rasio efeknya bisa kerasa banget.Bisa kok dirasakan pas dijalan nanjak atau dijalan lurus cie..trek lurus critanya tu..kalau gear belakang kegedean,bakal teriak tu motor,tapi kalau buat nanjak,mantap pokoknya!seperti mountain bike,kan gear belakang gede tu,makanya enak aja klo diajak ngelibas gundukan/tanjakan.


Jadi,tidak cuma rasionya saja yang mempengaruhi performa. Besar atau kecil ukuran sproket atau gir pun berefek besar di kecepatan tinggi.rantai sebagai penerus gerak sproket depan ke sproket belakang sangat efisien di kecepatan rendah. Sekitar 98 %. Tapi, begitu kecepatan bertambah hingga top speed, efisiensi rantai drop hingga 85%.lebih baik pakai gir bermata ganjil dan genap, daripada genap-genap atau ganjil-ganjil. Supaya pemakaian antar mata gir merata.


Gir kecil enteng. Tapi, kekecilan pun masalah. Terutama gir depan. Sebab, gigi yang berfungsi mengait rantai amat sedikit. Alhasil kerja gir terlalu berat dan gesekan antar sambungan rantai besar, boros bensin.


Gir dengan mata terlalu banyak pun punya kelebihan dan kekurangan.kekurangannya bobot jelas lebih berat. Tapi, efek gesekan saat rantai menekuk di gir lebih sedikit.Pergerakan rantai di gir jadi lebih mulus. Kita merasa motor lebih lancar jalannya.


Jadi  Cara menentukan rasio gear motor paling enak tu  bertahan dengan rasio sproket dari pabrikan atau ganti dengan rantai dan gir lebih tipis tapi jumlah matanya sama.


                            CARA MENENTUKAN KOMPRESI PADA MOTOR



Rasio kompresi mesin secara teknis sulit untuk dijelaskan dan dimengerti oleh saya pribadi, namun secara umum bisa dihubungkan dengan tingkat efisiensi pembakaran BBM dan mekanisme kerja piston. Semakin tinggi angka kompresi berarti kerja piston semakin keras dan hal ini harus diimbangi dengan asupan BBM ber-oktan tinggi. Jadi, rasio kompresi berbanding lurus dengan angka oktan BBM.
Perbandingan ruang warna merah dengan biru disebut rasio kompresi
Kesesuaian kompresi dengan angka oktan akan meminimalisir kemungkinan terjadi gejala ngegelitik pada mesin. “kalau tetap memaksakan motor berkompresi tinggi menggunakan BBM beroktan rendah, piston akan jebol, biaya yang dikeluarkan jadinya akan jauh lebih besar”,” jelas Colin Latung, konsultan perminyakan dari URS Indonesia yang juga alumnus Lancaster University, Inggris. Semakin tinggi nilai oktan, semakin tahan terhadap detonasi dan gejalan ngegelitik.
Wih…ngeri juga ya, soalnya pengalaman pernah ganti piston, stang piston dan tetek  bengek daleman mesin waktu pakai Supra X dulu biayanya bisa buat DP motor baru hehehehe….
Trus, berapa angka oktan BBM yang ada di jual di Indonesia oleh Pertamina selaku operator resmi Pemerintah? Coba kita lihat satu-persatu produk Pertamina, Bensin atau premium merupakan bahan bakar yang paling familier kita dengar dan paling banyak dikonsumsi memiliki bilangan oktan 88, terendah dibanding BBM jenis lainnya. Kemudian ada Pertamax dengan bilangan oktan 92 dan Pertamax plus dengan oktan 95.
Nah, berdasarkan data tersebut, sekarang kita lihat bagaimana hubungan rasio kompresi dengan bilangan oktan tersebut, kmpresi berapa cocoknya pakai BBM beroktan berapa?
Secara umum bisa dikelompokkan sebagai berikut:
Kompresi 7:1 – 9:1 cukup pekai Premium (Oktan 88)
Kompresi 9:1 – 10:1 sebaiknya mengunakan Pertamax (Oktan 92)
Kompresi 10:1 – 11:1 pakai Pertamax Plus (Oktan 95) saja

Ini bukan bicara tentang irit atau tidaknya dalam pemakaian BBM, kalau urusan irit erat kaitannya dengan gaya riding, perawatan, daerah riding (dalam kota/luar kota) dll, namun kesesuaian BBM dengan rasio kompresi mesin berhubungan dengan usia mesin, awet tidaknya mesin motor kita.
Wah berarti Si Pio harusnya minum Pertamax nih hehehe…
Semoga bermanfaat!

tips perawatan satria fu yg sudah BORE UP.....

TIP'S PERAWATAN MESIN SATRIA FU YANG SUDAH BOER UP / STRUK UP

Tanpa bermaksud untuk menggurui......Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman saya dalam merawat mesin, dengan harapan semoga bermanfaat Buat teman-teman semua yang membutuhkanya.

     
Berikut beberapa tip's tersebut

1. OLI
 Mesin yang sudah di bore up + stroke up membutuhkan oli dengan kwalitas yang baik serta dengan spek diatas oli mesin standar..... Pertimbanganya, power& torsi mesin sudah jauh diatas  mesin standar....  selama ini saya menggunakan oli motul ester 5100 unutk menjaga performa dan durability (maaf bukannya iklan ya...hehehe)..... baik buat turing maupun balap...... Interval pergantian biasanya stiap 1500km......Mungkin ada yg bertanya, boleh tidak menggunakan oli lainya seperti enduro 4t racing, atau shel ax7, dll.... oh tentu saja boleh...tapi tentunya ada konsekwensi untuk itu semua.....

2. VOLUME OLI.
Berhubung volume mesin sudah bertambah besar, maka volume oli pun sebaiknya ditambah, di  isi oli 1,1 Lt dari volume normal 1 Lt, jika ganti filter oli .....di tambah menjadi 1,2 lt. Kalo lagi turun mesin tambahin jadi 1,4 Lt. Jadi sediakan selalu oli buat nambah sendiri di rumah. kenapa bgitu...? volume mesin yang lebih besar membutuhkan cairan pelumas yg lebih banyak pula. Mungkin nanti ada yg bertanya.."kalo ukuran olinya standar bagaimana mas bro...?"
Perlu saya sampaikan, kalo di mesin FU itu ada lobang indikasi oli dg tulisan LOWER-MIDLE- UPPER...
nah patokanya itu aja, jangn ampe dibawah lower. kalo ampe dibawah lower, maka di kuatirkan gear pompa oli ga bisa menjangkau oli untuk di pompa ke atas head yang akan ber akibat fatal..
...
3. RIDING STYLE / CARA BAWA
Cara bawa motor bore up + stroke up mesti bijaksana. artinya, setiap tarikan gas adalah hentakan akselerasi biadab yang bisa segera membuat pen piston dan big end  atau komponen pada bagian mesin lainya akan cepat haus...oleh sebeb itu bawanya harus DIURUT... jangan asal geber sob......

4. TENSIONER MANUAL
Jika motor anda menerapkan tensioner manual, maka rajinlah dicek stelanya di bengkel. Karena pake tensioner manual itu tidak menggunakan  per..... jadi kalo kendor suaranya berisik. Tapi keuntungan pake tensioner manual itu putaran mesin lebih stabil, ini sangat penting buat mesin bore up + stroke up...

5. CARA PENYIMPANAN MOTOR
Mesin motor yg sudah menggunakan part performa tinggi misalnya cam lift tinggi atau per klep jepang membutuhkan perhatian khusus ketika anda akan menyimpan dalam waktu lama, kalo anda tidak tahu cara menyimpan dengan baik, jangan heran kalo performa mesin cepet menurun...
Noken As dengan lift tinggi, akan menekan per klep lbih keras dari noken as standar, akibatnya kalo per terlalu lama ditekan, maka per akan mengalami penyusutan beberapa mm.....
NAH, OLEH KARENA ITU JIKA ANDA INGIN MENYIMPAN MOTOR BALAP ANDA, POSISIKAN PISTON DALAM POSISI DI "TMA",
dimana posisi per klep tidak sedang ditekan oleh cam. Kalo anda pengin tahu cara yg mudah untuk membuat posisi piston di TMA tanpa bongkar baut intip magnetnya.....ok

Salam gaspoll,

satria fu menggunakan bearing di cam.......

Sabtu, 26 Januari 2013

Satria FU meggunakan bearing di CAM

 

Mesin Satria Fu dirancang memberikan performa dahsyat di rpm tinggi. tetapi tidak semua kontruksi dan material standar FU dirancang untuk rpm tinggi..... salah satunya adalah sistem jalur pelumasan dan jurnal atau dudukan gerak cam FU.

Menurut mas Londo Punggawa TRB Motor, Kalasan, Sleman-DIY, jalur pelumasan ke cam bawaan FU kurang bagus untuk rpm tinggi...... Jalur masuk oli ke cam datang dari sisi samping jurnal (dudukan cam). Padahal cam yang berputar, berarti ada efek sentrifugal yang menghambat oli masuk ke lengah as cam...

Efek sentrifugal pada rpm tinggi jelas turut membesar. Berarti hambatan oli memasuki bagian tengah as cam makin membesar. Suplai oli ke nok atau profile cam dan jurnal cam berikutnya (dimulai dari jurnal sisi kanan, ke jurnal tengah dan sisi kiri) jelas menurun. Pelumasan rawan menjadi drop pada rpm tinggi.

Sedang soal tumpuan cam FU. Gerak cam FU standar ditumpu pada jurnal berbahan aluminuim alloy. Di jurnal ini tidak ada bearing atau metal jalan pun ga ada........ Artinya hanya mengandalkan lapisan film oli dan bahan dari kontruksi jurnal pada head dan cangkang FU (setengah bagian dari pengikat cam FU)


Nah, dari situlah mas Londo yang nama KTP-nya Agus Ernawan berfikir untuk untuk memasang bearing (needle roller bearing) di jurnal kiri dan kanan. Efisiensi mekanis jelas meningkat karena berkurangnya nilai gesekan untuk mengerakkan cam FU.

 
 
ewat tumpuan roller bearing yang punya nilai koefisien gesek lebih rendah. Bahkan dibanding tipe bearing non roller. Gesekan atau kerugian mekanispun berkurang. Tentu saja hal ini akan membuat gerak cam pun menjadi lebih stabil.namun pemasangan needle roller bearing atau laher jarum yang dilengkapi casing ini menutup lubang dan got pelumasan di jurnal cam.
Nah, sekalian aja jalur oli dirubah. Melewai tengah as cam, macam pelumasan cam mesin bebek lainya sperti jupiter.
Sebagai praktek, Mas Londo menerapkanya ke head dari Suzuki satria FU berjuluk DEN BAGUS (FU 200cc spek turing bertenaga 30,8Hp) milik Wildan Zuhdi yang menjabat sebagai Sekretaris Ssfc Pengda Bangka Belitung.
Motor Satria FU Den Bagus ini pernah menjadi Head Line news di Tabloid otoplus pada Edisi Tahun IX September 2011

Berikut adalah Komponen-komponen yang di gunakan :


Gambar 1. Needle roller bearing
 
 
 ukuranya menyesuaikan diameter dalam laher agar bs terpasang di cam. Tak lupa hasil bubutanya dihardening agar as cam yang dibubut tidak mudah aus...... Proses hardening dan bahan yang dibutuhkan tak beda dengan proses hardening pada ujung batang klep setelah potong batang klep. Karena proses hardeningnya diujung, jadi relatif aman dari kemungkinan cam kemakan...

Begitu laher bisa terpasang, jalur oli standar gak bisa digunakan lagi karena tertutup dan membentur casing laher. Modifikasi dilakukan dengan mengarahkan oli keatas, naik ke cangkang cam. Dibuatkan lubang baru dwngan diameter 3 mm. Setelah naek, oli kemudian diarahkan keluar

 Setelah masuk dr lobang tadi, lalu Oli keluar dari lubang ini

Pelat tambahan. Oli yg mengalir keluar cangkang langsung ditemukan dengan lubang di pelat tambahan. Pelat ini punya ketebalan 5 mm. Dan diameter luabng dan saluranya 3 mm. Lubang di pinggir pelat ini menampung oli dan kemudian diarahkan ke lubang yang bertemu dengan as cam. Bagaimana oli itu bisa keluar dari lubang tengah itu? Ada saluran penghubung didalam pelat...... Mas Londo membuatnya dengan mengebor tegak lurus antar 2 lubang tadi. Bekas lubang disisi pelat sebagai awal pengeboran lantas ditutup dengan campuran lem besi atau tambalan timah hitam atau bronze...

Agar mudah dimengerti, kita bisa melihat pelat tambahan ketika dipasang di cangkang/ rumah cam. Untuk mengikat pelat ke cangkang, dibutuhkan pula 2 baut pengikat rumah CAM

  Pelat tambahan yang sudah terpasang di cangkang/ cangklong

Sambungan. Agar oli masuk sempurna ke lubang tengah as cam, lubang dari pelat tambahan butuh ditambah mekanisme penghubung. Bahan sambungan dipilih dari bahan kuningan yang punya sifat tahan gesek. Konbtruksinya butuh per penekan agar hubungan antar lubang bisa lebih pasti dan paten

cara menghitung diameter klep yang ideal

 

Zaman semakin moderen jika biasanya kita sering di hadapi dengan jenis-jenis mesin yang convensional salah satu contoh mesin yang memiliki 2 buah kleep dengan perhitungan yang telah umum kita ketahui
Jika sebelumnya kita telah mengetahui cara menghitung diameter ideal kleep untuk motor 2 kleep yang di kutip dari Buku 4 TAK Tuning performance agraham bell dimana :

Mencari ukuran diameter ideal kleep in (masuk) adalah : 45 s/d 50% X Diameter piston
sedangkan untuk kleep ex (buang) adalah : 80 s/d 85% X diameter Kleep Masuk Nah bagaimana Jika 4 kleep....????
Sebagai contoh jupiter MX diketahui memiliki ukuran kleep In 19 mm dan EX 17 mm ...... kira-kira jika di conversi ke ukuran 2 kleep jadi berapa.....

Pertaman.....hitung area luasan klep, misal klep in 19 milimeter,
Luasan lingkar katubnya adalah 3,14 x 9,5 x 9,5 = 283,52. Hasil 283,52 ini dikalikan 2 ( karena 2 klep ) di dapat 567. (Ket : 9,5 di dapat dari 19 mm : 2 = 9,5)
Dan untuk mendapat persamaan 1 klep, tinggal membalik proses, mencari diameter 1 klep, 567 / 3,14 = 180,59 , kemudian di akar kuadrat ketemu : 13,43 mm, ini masih jari-jari, kalau diameter ya berarti dikali 2 , ketemu 26,86 dibulatan jadi 27 mm.
Jadi 19 mm pada jupiter mx yang memiliki 4 kleep hasilnya setara dengan klep in 27 mm mesin 2 kleep ...
dan untuk kleep ex nya teman-teman bisa menghitung sendiri hasilnya sekalian belajar....hehehe

Mungkin masih ada tehnik perhitungan lain yang lebih sederhana selain ini ....namun sekiranya ulasan ini dapat membantu teman-teman dalam bereskperimen dengan mesin terutama kleep

mengenal porting and polish...

Mengenal Porting Polish dan Flowbench

 

Korek mesin atau bahasa kerennya Porting and polish.
Sebelum lebih lanjut kita mau kenal dulu nih apa sih tujuan dari porting :
Ttujuan porting.
tujuan dari porting sebenarnya adalah memasukan mixture udara dan bensin lebih banyak kedalam ruang bakar dengan cara melancarkan aliran tsb.
aliran mixture yang masuk semakin lancar  tentu semakin cepat pengabutan terjadi semakin besar tenaga yang akan dihasilkan.
konsep dasar dari porting yang sangatlah sederhana dan boleh dibilang hampir 100% benar.
secara hitungan orang pinter diluar sana, setiap 1 CFM(cubic feet minute) akan menghasilakn 1/2HP. kira2 5HP dalam 10CFM..
Bagaimana membuktikannya???
(ada satu cara untuk membuktikannya. yaitu menggunakan Flow bench)

Apa sih flowbench??? flowbench adalah alat simulasi udara. cara kerjanya yaitu dengan memasangkan di silinder head ke alat flowbench lalu udara di alirkan melalui lubang intake dan exhaust dan di ukur seberapa cepat udara itu mengalir dalam hitungan menit.

Tidak selamanya teori itu benar. "bigger is not always better" betul ga fellas??
nah teori portingan diatas ternyata ga 100persen benar, pedahal diatas sudah disebutkan hampir 100persen benar.....Tidak selamanya membesarkan portingan pada port intake akan menambah tenaga. secara teori membesarkan portingan akan menambah atau memperbanyak mixture yang mengalir.
akan tetapi perlu kita ketahui bahwa dengan kita membesarkan lubang, kecepatan udara yang masuk akan lebih lambat dan akan mempengaruhi pemasukan mixture di rpm rendah.oleh karena itu setiap nilai CFM yg lewat tidak boleh mengurangi atau menghilangkan kecepatannya (bigger not always better).
nah tools untuk mengecek nya adalah Velocity probe, yang terdapat pada mesin flowbench.

the journey must go on!!!

Fast flow rules..kita tahu bahwa semakin lurus port itu semakin bagus aliran udara yang masuk, akan tetapi ga cukup disitu saja. ukuran2 atau hitungan dasar tetep berlaku.
jadi porting bukan hanya sekedar menghaluskan permukaan besi saja tapi professional porting require welding and epoxy!!!

Polishing atau polis atau di lincinkan.

Polishing bukan penting akan tetapi sangat berbahaya ada dua hal yang sangat di kuatirkan dalam melakukan porting......aliran udara dan pembakaran di ruang bakar.
pernahkah kalian dengar bahwa permukaan sayap pesawat tidak rata atau licin???
udara cenderung malas pada permukaan halus. (udara mempunyai permukaan yang disebut boundary layer effect)
 
 
...Nah dengan sedikit permukaan yang kasar akan menghilangkan layer ini dan akan menaikan aliran udara......
pada saluran pada intake tidak hanya dialiri oleh udara tapi juga di aliri oleh bensin cenderung mempunyai sifat yang berbeda dengan udara saja.nah seperti yang di jelaskan diatas dengan permukaan intake yang licin, udara cenderung malas dan mixture udara dan bensin berakibat kurang sempurna. oleh karena itu sedikit kasar akan sangat bagus untuk pencampuran antara bensin dan udara.

Read more know more...
article ini sangat berhubungan dengan kecepatan udara yang masuk ke combustion chamber, sudah banyak di luar(amerika, eropa dan australia) meriset tentang kecepatan udara ini.

karbulator PE 28 memang cocok untuk FU

Jumat, 25 Januari 2013






Semua berawal saat karburator Satria FU, yaitu Mikuni BS 26 yang bertipe Vakum mengalami masalah, akhirnya saya harus mencari karbu pengganti. saya memutuskan untuk memakai Karbu PE 28 yang merupakan karburator bawaan dari Honda NSR SP. Bila dibanding dengan Karburator Bawaan Satria FU, Karburator jenis PE 28 tentu lebih responsif . Selain karena diameter yang lebih besar 2 mm, Karbu ini tidak menganut sistem vakum. Yang artinya naik turunnya jarum (jet needle) langsung dari tarikkan gas bukan karena kevakuman.


Hati hati lho ternyata dipasaran ada beberapa jenis karbu PE 28. Mulai dari buatan China , Thailand sampai yang buatan Japan.

Dan Masing masing tentunya punya ciri-ciri dan kelebihannya. Untuk yang bikinan China, bodinya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat disetel, finishing bodi kasar. Dan kelebihannya selain harga yang relatif lebih murah (dibandrol 300an ribu). barang ini lebih susah susah disetting. Untuk Thailand Cirinya Warna gelap, jarum tidak ada setelan ulirnya, finishing rapi, tertulis Made in T, biasa dijual tanpa kemasan. Harga dipasaran direntang 500 hingga 600 ribuan. Karbu Thailand ini mudah ditemui dipasaran dan paling disuka para pengoprek Satria FU.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyAUjObT5xpYBequJZgAdGlWqkb0oU7x2IRlIsZ8eueZ9QFhOozIJ3LvNwGmb_X3jivGaWZ0E6LwzhKe0fCDyj95CBI4hyphenhyphenfmrWGj-DhPbt466mdoRWXtH2FBWtlObLE0UNv8Kdp5yxJzM/s1600/640imge+copy.jpg

Disamping PE 28 Thailand ada juga PE 28 Ori Honda Thailand. Warna sama gelapnya, skep warna krom tapi dalemnya kuning emas dan berat. Jarum juga tidak ada ulir setelan,
Finishing lebih rapi, dijual dengan kemasan dus Honda lengkap dengan Code part. Beberapa sumber menyebutkan bahwa karbu ori Honda Thailand ini sebenarnya sama saja dengan yang Thailand Cuma beda dikemasan saja. Tapi sumber lain menyebutkan berbeda. harga PE 28 ori Honda Thiland ini direntang 850 � 900ribu.

PE 28 Made in Jepang harga diatas 1 juta. Ada yang original Keihin, ada juga Keihin r
e-Setting oleh Sudco atau Daytona. Finishing jelas rapi, jarum skep ada ulir setelan, skep di chrom dan dasarnya kuning keemasan dan berat. choke nempel di karbu langsung (kaya karbu RX King), tulisan keihin Timbul dan tertulis "Made in Japan". Di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut cukup gede konon katanya berguna saat setting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ ga perlu buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tsb dan PJ/MJ bisa dibongkar pasang lewat lubang tersebut.

Kebetulan Satria FU saya pakai PE 28 Japan resetting by Sudco. Dalam pemasangannya Motor Satria nggak pake kendala yang berarti. Langsung plek baik manifold dan Filter . Jadi masih pakai yang OEM Satria FU. Kabel gas juga masih pakai Aslinya dengan sedikit modifikasi, Cara
pasang kabel gas standar ke PE 28 dah pernah saya posting. Untuk urusan setting, saya nggak pake ribet. melayani CDI, Koil, Filter semuanya standart cukup pakai PilotJet 38 MainJet 115 dah langsung uenak. Guampang banget.

Apappun PE 28 anda, Larinya Nagcir...

ardan memang oke xfuera